Beberapa waktu yang lalu, teman saya mengeluh karena komputernya sering hank dan lambat. Dia menanyakan apakah komputernya kena virus. Kalau iya, mengapa anti virusnya tidak mendeteksi dengan baik?. Pertanyaan ini mungkin akan keluar dari pengguna komputer, khususnya yang masih awam dan baru. Serangan virus merupakan momok menakutkan bagi mereka. Lantas adakah cara mengetahui apakah komputer kita bersih dari virus atau tidak? pada tips berikut akan saya jelaskan cara mudah mendeteksi kesehatan komputer dari virus dan sejenisnya.


Restart komputer anda, kemudian buka program yang berjalan secara real time misalnya winamp. Dalam posisi winamp terbuka, buka Task Manager, caranya klik kanan Taskbar klik Task Manager, kemudian pilih tab Performance. Akan terlihat persentase CPU dalam CPU Usage bukan. Coba amati persentasenya, jika persentasenya tidak stabil (>10% – 20%) selama 10 – 15 menit dan terus berubah secara continue berarti komputer anda tidak sehat. Untuk memastikan virus bekerja, coba buka windows explorer dan buka beberapa folder.

Cara kedua, klik tombol Start – Run. Ketik CMD kemudian Enter atau masuk dalam command prompt. Setelah command prompt terbuka, ketik CD.. (dengan 2 titik) kemudian enter. Ketik CD.. sekali lagi kemudian enter sampai di C:\. Kemudian ketik CD windows enter. ketik CD system32 tekan enter. Ketik setup tekan Enter.

Jika keluar pesan “Please go to the control panel to install and configure system components” maka dipastikan komputer anda sehat. Namun jika komputer anda malah shutdown atau hank maka virus dipastikan singgah di komputer anda .

Selamat Mencoba.

Sumber: http://idecapung.blogspot.com/2009/12/tips-mendeteksi-virus-komputer-dengan.html