Bahasa adalah alat komunikasi untuk menyampaikan atau menerima sebuah informasi. Seluruh manusia di permukaan bumi memiliki bahasa tersendiri untuk berkomunikasi. Inilah yang kemudian di sebut dengan keanekaragaman bahasa.

Kebutuhan akan informasi menuntut kita untuk menggali berbagai informasi dari belahan dunia. Sayangnya perbedaan bahasa yang digunakan di tiap negara seolah menjadi benteng penghalang terbesar untuk mencuri informasi.

Misalnya kita ingin membaca informasi-informasi dari negara jepang. Tentu kita harus mengunjungi situs-situs berbahasa jepang dari negara tersebut bukan. Demikian juga untuk situs dari negara-negara yang lain.

Hal ini tidak masalah jika kita mengerti bahasa yang mereka gunakan. Namun jika tidak? alhasil hanya situs-situs lokal yang menjadi tongkrongan tiap pagi sore. Jadilah kita seperti kodok dalam tempurung..krok3x.

Semua masalah di atas dapat diatasi sekejap dengan adanya Google Translate. Kenapa? yup… berterimakasihlah kepada team google yang telah merilis google translate yang support Bahasa indonesia. Dengan Google translate berbahasa indonesia, kita bisa mengekplorasi berbagai situs berbahasa asing menjadi berbahasa Indonesia… Keren!

Langsung saja. Langkah pertama cari situs keren berbahasa non indonesia (misalnya Inggris), saya contohkan situs National Geographic. Sebagai masukan situs ini memberikan beragam informasi menarik seputar sains, sejarah, dll. Namun berbahasa Inggris tentunya.

Langkah kedua catat atau copy alamat situs tersebut, mis: http://www.nationalgeographic.com/ . Langkah berikutnya buka Google translate dengan alamat http://translate.google.com . Setelah google translate terbuka, ketik atau paste alamat situs yang akan kita translate kedalam kotak (mis: http://www.nationalgeographic.com/). Ganti pilihan bahasa menjadi English > Indonesian. Kemudian klik tombol Translate.

Tunggu proses translate dan lihat hasilnya. It’s Wonderfull….! Seluruh konten situs akan berubah menjadi berbahasa Indonesia. Selamat mencoba.

Sumber: http://idecapung.blogspot.com/2009/01/membaca-artikel-dengan-google-translate.html