Anda sering chatting atau mengirim email, tentunya memahami bahwa komputer anda bisa terhubung atau saling berkirim pesan dengan komputer lainnya di seluruh dunia.
Koneksi semacam ini membutuhkan sebuah central point of management yang terwujud dalam sebuah server. Makanya tak heran, jika anda mengirim email Yahoo!, file-file anda terlebih dahulu melalui proses scanning virus di server Yahoo!
Bagaimana dengan peer to peer? Peer to peer adalah sebuah teknologi jaringan yang memungkinkan komputer anda terhubung ke komputer lainnya di seluruh dunia secara langsung, tanpa melalui dedicated server. Dengan begitu, koneksi anda dengan komputer tersebut lebih terjamin keleluasaannya. Karena tanpa perantara, resiko berbagi file akan ditanggung si pengirim dan si penerima file tersebut. Enaknya, semua konten bisa dikirimkan atau diambil tanpa harus memikirkan legalitasnya. Setiap pendownload dan penyedia file cukup saling mempercayai dan mempersilahkan terjadinya koneksi, meskipun tak saling mengenal.
Beberapa layanan peer to peer sudah dikenal para pengguna internet sejak lama. BitTorrent merupakan layanan yang paling populer. Hal ini mungkin karena minimnya gangguan spam iklan. Bandingkan dengan layanan serupa semisal Kazza yang penuh dengan iklan spam yang membingungkan. Berikutnya ada layanan Gnutella, yang banyak digunakan oleh mereka yang ingin mencari file-file multimedia, semisal MP3 dan video. Untuk Windows sendiri tool untuk masuk ke dalam layanan Gnutella ini sangat beragam, namun yang lebih banyak dikenal adalah LimeWire.
Lalu bagaimana dengan ponsel? Besarnya bandwidth 3G memberi peluang yang menjanjikan untuk menghubungkan antarponsel di seluruh dunia, tanpa perantara. Meski begitu GPRS pun tetap bisa diandalkan untuk mewujudkan koneksi peer to peer antar ponsel. Sampai saat ini baru ponsel-ponsel bersistem operasi saja yang tersentuh. Itupun masih terbatas pada Symbian. Ada dua aplikasi yang bisa digunakan. Bagaimana cara menikmatinya? Berikut ini penjelasannya.

SYMELLA

Merupakan aplikasi yang memungkinkan proses pencarian dan download file dari semua user Gnutella di seluruh dunia. Penggunaannya sangat sederhana demikian pula dengan tampilan yang disediakan. Aplikasi ini merupakan aplikasi gratisan dan bisa didownload dengan mudah.

Langkah 1
Download aplikasi ini di http://www.aut.bme.hu/portal/symella/downloads/Symella%20s60-2nd%201.32%202006-10-30%20install.zip
untuk Symbian 2nd edition dan http://www.aut.bme.hu/portal/symella/downloads/Symella%20s60%203rd%201.32%202006-10-30%20install.zip
untuk Symbian 3rd edition. Lalu

Langkah 2:
Pastikan GPRS atau 3G sudah aktif. Lalu buka aplikasi ini. Klik ‘ option ‘ a ‘ connect ‘, Symella akan menghubungkan ponsel anda dengan peer to peer yang aktif di jaringan Gnutella. Beberapa alamat IP akan tertampil dengan notifikasi status di sebelah kirinya.

Langkah 3
Klik tombol arah kanan untuk membuka halaman-halaman lain, yaitu search dan download. Lakukan pencarian terhadap file multimedia yang anda inginkan, semisal smile.mp3. Klik ‘ option ‘ a ‘ search ‘, lalu ketik smile.mp3, kemudian klik ‘ OK ‘. Hasilnya akan segera tertampil di halaman ‘ search ‘. Ratusan file akan terpampang disini, lengkap dengan info file lanjutan dan informasi jumlah peer yang menyediakan file tersebut. Semakin banyak peer yang memdukung satu file, maka semakin cepat dan terjaga kestabilan koneksi yang didapat.

Langkah 4
Pilih salah satu file lalu klik ‘ option ‘ a download untuk memulai mendownload file tersebut. Anda bisa melakukan multiple download yang akan tersusun di halaman download. Semudah itu. Namun syarat keberhasilan sebuah proses download terkait dengan stabilitas saluran data yang digunakan. GPRS terkenal tidak stabil dan mudah putus di tengah jalan. Hal ini akan merugikan anda karena Symella tidak mampu melakukan resume download(melanjutkan proses download yang terputus). Untuk itu, saluran 3G lebih disarankan untuk menggunakan aplikasi ini. Selain kecepatannya bisa jauh lebih tinggi, kestabilannya merupakan isu paling penting.

SymTORRENT

Aplikasi yang ini dikhususkan untuk mendownload file dari peer BitTorrent. Sebuah kabar gembira untuk mereka yang bermaksud berbagi dan mendownload file, dengan leluasa.

Langkah 1
Download aplikasi torrent untuk Symbian ini di http://www.aut.bme.hu/Portal/symtorrent/downloads/SymTorrent%20s60-3rd%201.0%202006-10-25%20install.zip.Lalu install, untuk saat ini SywTorrent hanya tersedia untuk Nokia seri 60 3rd generation.

Langkah 2
Copy file torrent yang anda miliki ke dalam memori ponsel atau memori card. Lalu klik option a add torrent file, pilihan direktori akan muncul antara memori ponsel atau memori card. Pilih file torrent tersebut lalu klik OK. Secara otomatis file ini akan segera mencari seeder yang terbuka.

Langkah 3
Apabila tidak langsung mendownload, anda bisa melakukan force download dengan menekan ‘ option ‘ a ‘ download ‘. Biasanya file-file yang harus didownload via bitTorrent adalah file dengan kapasitas besar, di atas 100 MB hingga hitungan 2 GB. Untuk itu, solusi mendownload torrent dari ponsel hanyalah sebuah alternatif ketika 3G sudah bisa dinikmati. Atau mereka yang memiliki akses internet langsung via ponsel ber-WIFI.

Sumber: http://snifan.blogspot.com/2008/02/berburu-file-gratis-lewat-peer-to-peer.html