Bagi pengguna setia yang terbiasa dengan urusan internet pasti sudah hafal 100% dengan GOOGLE. Mesin pencari nomor 1 yang banyak digunakan untuk ngacak2 data.
Layaknya mata dan tangan yang mencari jarum di tumpukan jerami, dibutuhkan teknik khusus dan pemahaman dasar yang kuat untuk mencari mahluk yang namanya “DATA”. Orang bego yang tidak memahami teknik pencarian Google sama persisnya dengan orang yang bego tersesat di kota mencari alamat tapi tidak mengetahui mengggunakan peta. Alhasil setiap rumah akan ditanya satu-satu dan bisa dibayangkan jika dia tersesat di kota sebesar jakarta.
Teknik pencarian Google memang wajib diketahui oleh semua pengguna internet, terutama bagi yang haus akan data. Tidak sedikit orang yang bergelut di bidang IT tidak mengetahui teknik pencarian data di Google. Ga percaya?…survey aja! atau jangan2 kamu sendiri juga..he3x.
Berikut sedikit tips yang mungkin berharga dan perlu di coba, Selamat membaca!.

Tips pertama. Ketik kata terpenting di awal kalimat
Google tidak case sensitive. Artinya kata apapun yang kamu ketik, huruf besar, kecil ataupun gabungan tidak akan mempengaruhi hasil pencarian. Misalnya keyword: hacking = HACKING = Hacking, akan menghasilkan data pencarian yang sama. Oleh karena itu jangan terlalu ambil pusing dengan apa yang kamu ketik yang penting tulisanya benar.
Usahakan jika pencarian frase kata/kalimat secara langsung, ketik kata kunci di awal-awal kalimat. Kata yang tidak penting seperti di, yang, pada, suatu, sebuah, dll tidak perlu diketikan.
Misalnya pencarian: “Modul pembelajaran teknik informatika untuk SMK”
Ketik di google : download modul smk informatika teknik

Tips kedua. Gunakan tanda “+” atau “-” untuk mengeliminasi kata
Hasil pencarian dengan hanya dua atau tiga kata akan menghasilkan pencarian yang tidak akurat. Untuk mencegah hasil pencarian tidak lari kemana-mana gunakan tanda + atau – untuk mengeliminasi kata yang tidak diinginkan.
Misalnya pencarian : Hacking deface tanpa cracker
Ketik di google : hacking +deface -cracker

Tips ketiga. Gunakan “…” untuk pencarian kalimat secara utuh
Hasil pencarian yang hanya mengetikan kalimat atau kata, Google akan mencari hasilnya perkata. Tentu saja hasilnya tidak akurat bukan. Untuk itu gunakan tanda “…” diantara dua atau tiga kata yang tidak bisa dipisahkan.
Misalnya pencarian: Motivasi belajar siswa
ketik di google: “motivasi belajar siswa”
Google akan mencari ketiga kata tersebut secara utuh tanpa dipisahkan.

Tips keempat. Gunakan site:nama situs, jika kita telah tahu datanya dalam sebuah situs tertentu
Jika data yang hendak kita cari sudah pasti berada pada situs tertentu, hasil pencarian akan lebih rinci jika kita gunakan site:nama_situs, artinya kita hanya akan mencari di dalam situs tersebut.
Misalnya pencarian : objek mutu SMK di situs http://ditpsmk.net
ketik di google : site:ditpsmk.net objek mutu smk

Tips kelima. Gunakan filetype:…, untuk pencari data dalam bentuk file
Adakalanya data yang kita cari akan lebih enak langsung di download dalam bentuk file yang sudah umum misalnya berformat .pdf atau .doc. Oleh karena itu gunakan filetype:pdf | filetype:doc kedalam pencarian.
Misalnya pencarian: Motivasi belajar
Ketik di google: filetype:pdf | filetype:doc motivasi belajar
Hasilnya google akan mencari file berbentuk pdf atau doc yang mengandung kata motivasi belajar. Hasil pencarian dapat langsung kita download dengan cara klik kanan hasil pencarian kemudian Save As.
Namun jika kita ingin melihat isi filenya terlebih dahulu, klik saja tulisan “lihat html” pada hasil pencarian.

Okey…untuk pertama cukup lima ini dulu yang harus kamu kuasai. Tips 6 – 10 akan kuberikan setelah ini…he2x…jangan kecewa dulu karena ilmu yang efektif adalah ilmu yang dipelajari secara bertahap, deal…!.
Kelima dasar pencarian ini harus benar-benar kamu kuasai dan dimengerti sebelum melangkah ke tips berikutnya. Kelima tips ini dapat dikombinasikan sehingga mengasilkan pencarian yang lebih akurat. Sebagai contoh kombinasi filetype:.. dan +/-, atau site:.. dan “..” atau filetype:.. dan “…”. dan lain sebagainya.
Misalnya pencarian: prestasi belajar
ketik di google: filetype:pdf | filetype:doc “prestasi belajar”
atau “prestasi belajar” -kerja

Selamat mencoba.

sumber: http://idecapung.blogspot.com/2008/07/google-hacking-part-1.html