Sayangnya sebagian besar ponsel berfitur internet hanya mengakomodasi tampilan wap dan situs mobile. Dalam hal ini adalah http://m.facebook.com, meski sudah cukup representif tampilan macam ini masih memiliki banyak kekurangan. Solusi utama adalah menampilkan halaman web facebook secara penuh di layar ponsel. Dengan demikian semua fitur yang disediakan facebook dapat dinikmati secara penuh. Semisal fitur upload foto. Ada sih, ponsel-ponsel terkini yang telah menyediakan browser bawaan dengan kemampuan seperti ini. Namun sayang harga masih cukup tinggi. Lagipula browser bawaan tidak banyak melakukan kompresi file sehingga akan menyedot pulsa lebih banyak. Jadi, untuk anda yang menggunakan ponsel biasa dengan browser standar, dan juga browser yang lebih hemat pulsa, perlu menambahkan aplikasi pihak ketiga berupa browser web. Sebenarnya banyak browser web yang dibuat untuk ponsel. Namun tidak semuanya memiliki kemampuan kompresi file yang tangguh. Berikut beberapa browser terbaik untuk anda :

1. Opera Mini

Browser ini bisa didownload di http://www.getjar.com/products/3334/OperaMiniWebbrowser, opera mini menawarkan kompresi file yang lebih efektif sehingga membuka halaman web terasa lebih mudah di layar ponsel. OperaMini tersedia untuk ponsel-ponsel Java dan bersifat gratisan. Khusus untuk halaman facebook, browser ini mampu menampilkan halaman tersebut dengan baik. Namun sayang untuk menampilkan format web dengan OperaMini, kita diharuskan mengutak-atik sejumlah parameter yang berhubungan dengan tampilan. Semisal ukuran font, kualitas gambar, efek layar dasar dan sebagainya. Untuk beberapa orang yang masih awam akan antar muka browser mobile seperti ini tentu upaya ini akan memberikan kesulitan.

2. UCWEB

Browser ini diperkenalkan di Cina dan mendapatkan sambutan baik dalam waktu yang tidak terlalu lama. Sama seperti OperaMini, browser ini melakukan kompresi file yang terbilang efektif. Sehingga membuka halaman web di ponsel bukan lagi sebuah momok yang menakutkan. Anda bisa mendownloadnya di http://www.ucweb.com/English/index.shtml. UCWEB yang telah mencapai versi 6.3 ini memiliki kelebihan pada tampilan yang menarik serta tanpa setingan awal yang membingungkan. Untuk membuka facebook dalam format web, browser ini langsung menampilkannya dengan baik. Kelebihan lain yang dimiliki browser ini adalah kecepatan download yang melebihi OperaMini. Hal ini bisa dirasakan saat melihat halaman penuh dengan gambar. Bahkan jika dibandingkan dengan Opera saat mengakses situs mobile bukan web. Demikian juga saat melakukan upload foto ke facebook. Proses ini berlangsung relatif lebih cepat dibandingkan menggunakan Opera.

3. TeaSHARK

Teashark merupakan salah satu browser web untuk ponsel yang bisa dibilang cukup ringan. Meski ukurannya kecil browser ini tidak kalah hebat. Atau setidaknya bisa dijadikan sebagai alternatif. Anda bisa mendownloadnya di http://www.teashark.com/index.html dari browser ponsel anda. Sama seperti browser web untuk ponsel lain, teashark juga melakukan rendering halaman web agar bisa ditampilkan sama baiknya di layar ponsel. Tentu ada proses kompresi dan sebagainya. Sayangnya proses kompresi Teashark masih di bawah UCWEB dan OperaMini. Hal ini bisa dilihat dari tampilan halaman web yang masih berukuran besar(setara dengan yang tertampil di layar komputer). Akibatnya halaman situs tersebut tidak dapat tertampil penuh. Kecuali jika kita melakukan mekanisme zoom out.

Mana browser yang paling baik untuk facebook?

Melalui serangkaian percobaan disimpulkan bahwa UCWEB merupakan browser web yang paling baik untuk keperluan membuka situs facebook. Kompresi file yang efektif, hilangnya proses setingan yang menyebalkan di awal browsing serta kecepatan upload dan download file yang lebih baik dari yang lain merupakan beberapa alasannya. Bagusnya lagi, UCWEB memiliki mobile download manager layaknya browser komputer. Sehingga selain untuk menampilkan situs web dan meng-upload gambar, ia pun bisa diandalkan untuk memdownload file berukuran cukup besar.

Semoga bermanfaat.

sumber: http://snifan.blogspot.com/2009/05/browser-handal-untuk-akses-facebook.html