Terdapat beragam cara untuk mempercepat koneksi internet. Dalam artikel ini akan saya jelaskan salah satu teknik meningkatkan kecepatan internet dengan mengganti DNS. Domain Name Systems (DNS) adalah sebuah sistem (berupa database server) yang berfungsi mengubah nama domain, misalnya yahoo.com ke bentuk IP Address atau sebaliknya. DNS Server yang berjalan lambat tentu sangat berpengaruh terhadap koneksi internet. Mengapa?


Ilustrasinya seperti ini; ketika kita akan mengakses sebuah situs, misalnya http://idecapung.blogspot.com, langkah pertama tentu saja mengetikan nama domain tersebut bukan? Pada saat kita menekan tombol Enter maka komputer kita akan merequst IP server http://idecapung.blogspot.com. Tugas DNS adalah mengubah alamat domain tersebut menjadi IP Address yang kemudian meneruskan ke proses pencarian. Setelah ketemu, alamat IP server domain tersebut akan ditranslate kembali menjadi alamat http://idecapung.blogspot.com dan ditampilkan di browser.

Panjang bukan? ringkasnya ketika kita mengakses sebuah web, maka data permintaan (request) akan melalui DNS Server sebanyak dua kali.

Apa hubunganya? akses internet tentu membutuhkan ISP (Internet Service Provider), misalnya Telkom Speedy. Secara default pengguna Telkom Speedy akan menggunakan DNS Server yang dimiliki telkom. disini saya tidak mengatakan kalau DNS Server Telkom tidak baik, namun jika ada yang lebih baik dan cepat, mengapa tidak menggunakan itu saja? Jawabanya pasti menggantinya atau mencobanya bukan? Google Public DNS adalah jawabanya.

Google Public DNS adalah global DNS yang disediakan gratis oleh Google sebagai alternatif DNS yang diberikan oleh ISP. Dengan menggunakan Google Public DNS, kita bisa membandingkan kecepatan DNS Server yang dimilki ISP dengan Google.

Bagaimana caranya:
1. Buka Control Panel kemudian pilih Network and Internet Connection – Network Connections.
2. Pilih koneksi yang sedang aktif, kemudian klik kanan dan pilih Properties.
3. Klik Internet Protocol(TCP/IP), kemudian klik Properties
4. Klik Use the following DNS Servers address, kemudian ganti DNS:
Preffered DNS Server: 8.8.8.8
Alternate DNS Server: 8.8.4.4
5. Klik OK

Selamat Mencoba

Sumber: http://idecapung.blogspot.com/2010/01/mempercepat-koneksi-internet-dengan.html

About these ads